LPPM
Diposting oleh:
Windi Ramadhan
| Diperbaharui:
19 Februari 2024
LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT (LPPM)
POLITEKNIK KELAPA SAWIT CITRA WIDYA EDUKASI
Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi mengemban dua fungsi sekaligus, sebagai lembaga penelitian dan lembaga pengabdian. Sebagai lembaga penelitian, LPPM memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengatasi berbagai masalah dan tantangan. Hal ini didasari pemahaman bahwa setiap keputusan ataupun kebijakan yangbaik dan berdasar pasti membutuhkan proses penelitian lebih dahulu. Sebab, proses penelitian akan membantu memecahkan masalah secara terstruktur dengan logika berpikir yang benar. Di dalam sebuah penelitian pasti melalui tahapan investigasi yang sistematis, terkontrol, empiris dan kritis dari suatu proposisi hipotesis mengenai hubungan tertentu.
Penelitian merupakan refleksi dari keinginan untuk mengetahui sesuatu berupa fakta-fakta atau fenomena alam. Perhatian atau pengamatan awal terhadap fakta atau fenomena merupakan awal dari kegiatan penelitian yang melahirkan suatu pertanyaan atau masalah. Disinilah peran penting itu terjadi. Berangkat dari pertanyaan atau masalah itulah kemudian lahir sebuah pengetahuan yang bermanfaat sebagai jawaban dari pertanyaaan dan masalah yang timbul.
Adapun pengabdian kepada masyarakat oleh perguruan tinggi diartikan sebagai pengamalan ilmu pengetahuan yang dilakukan oleh perguruan tinggi secara melembaga melalui metode ilmiah langsung kepada masyarakat (di luar kampus yang tidak terjangkau oleh program pendidikan formal) yang membutuhkannya, dalam upaya menyukseskan pembangunan dan mengembangkan manusia pembangunan.
VISI
Menjadi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang produktif, terdepan, berkarakter dan beretika dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mendukung Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi bereputasi di kawasan regional pada tahun 2028.
MISI
- Melaksanakan, mengkoordinasikan, melakukan pemantauan dan menilai pelaksanaan
kegiatan penelitian dan penerapan ilmu dan teknologi pada kegiatan pengabdian kepada
Masyarakat.
- Meningkatkan kualitas sumber daya tenaga akademik dalam melaksanakan kegiatan
penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, melalui prinsip tata kelola yang baik dan
perbaikan yang berkelanjutan.
- Meningkatkan dan menguatkan budaya akademik yang berkarakter dan beretika dalam
berkarya.
- Mengelola program penerbitan Jurnal Ilmiah, Program HKI dan Paten.
- Mengelola dan mengembangkan kerjasama penelitian dan pemanfaatan ilmu pengetahuan
dan teknologi, untuk mendukung peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, serta
relevan dan berkomitmen pada kualitas dalam memenuhi kebutuhan pemangku
kepentingan (masyarakat dan industri, dan dunia usaha)
TUJUAN :
- Terwujudnya pelaksanaan, pengembangan dan penyebarluasan hasil-hasil penelitian dalam sejumlah program studi dengan berlandaskan pada kebutuhan masyarakat dan industri serta kompetensi profesi setiap program yang terpilih;
- Terwujudnya atmosfir penelitian dan pengabdian masyarakat yang bermutu melalui penerapan hasil, serta pemberdayaan potensi masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat;
- Menjadi wahana pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui kegiatan penelitian berbasis industri;
- Terwujudnya wahana pelatihan dan pelayanan melalui kegiatan pengabdian maupun pelayanan profesional kepada masyarakat;
- Menguatkan tata kelola LPPM Politeknik yang baik melalui implementasi jaminan mutu internal dan eksternal untuk memperoleh nilai akuntabilitas kinerja lembaga.
SASARAN :
- (1) kebijakan dasar, (2) penanganan plagiasi, paten, dan HAKI, (3) agenda tahunan penelitian, (4) ketentuan pengusulan proposal;
- (1) agenda penelitian jangka panjang, (2) tersedianya SDM, sarpras yang mendukung penelitian yang berkelanjutan, (3) membina jejaring penelitian, (4) pendanaan melalui hibah nasional maupun internasional;
- pedoman pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang dikembangkan dan dipublikasikan oleh institusi;
- (1) agenda PkM jangka panjang, (2) tersedianya SDM, sarpras yang mendukung PkM yang berkelanjutan, (3) membina jejaring PkM, (4) pendanaan;
- (1) mutu, (2) relevansi, (3) produktivitas, (4) keberlanjutan;
- dokumen & pelaksanaan kerjasama meliputi rancangan, proses, dan hasil monev kerjasama secara berkala, serta mudah diakses oleh semua pemangku kepentingan
- pelaporan hasil manfaat & kepuasan mitra kerjasama yang digunakan untuk meningkatkan mutu program kedua mitra